Selasa, 17 Agustus 2010

Profil Baitul Ummah

 

Pendahuluan

Misi Utama yang diemban oleh Nabi Muhammad SAW adalah membangun manusia yang berakhlak mulia untuk meneruskan risalah ke Islaman yang bersifat “ RAHMATAN LIL ALAMIN”. Hal ini sangat penting untuk disadari dan dihayati oleh setiap pribadi muslim dan umat Islam sehingga mampu berperan secara kreatif dan kontributif dalam proses globalisasi dunia menuju Peradaban Global yang Islami.
Sejarah telah mencatat bahwa sejak zaman Rasulullah SAW tempat ibadah merupakan bagian yang terintegral dengan umat muslim itu sendiri, hal ini terbukti ketika Rasululllah dan para sahabat membuka kota Madinah yang kemudian berubah namanya menjadi Negara Madinah. Tiga hal yang pertama dilakukan oleh Rasulullah pada saat menapakkan kakinya pertama kali di kota Madinah, yakni membangun sebuah Masjid sebagai sarana untuk beribadah bagi kaum muslimin saat itu.
Tempat ibadah (masjid) itulah yang kemudian menjadi embrio dan tempat lahirnya peradaban baru di seluruh jagad raya ini. Oleh karena itu, tempat ibadah (mushola atau masjid) merupakan hal mendasar bagi kaum muslimin dari setiap masa ke masa, karena disanalah tempat kaum muslimin mengkonsolidasikan semuanya baik memperkuat hubungan dengan Allah SWT ataupun mempererat hubungan dengan sesama muslim yang lainnya.
Terlebih lagi dalam kondisi sosial masyarakat yang terjadi pada saat sekarang, dimana orang seakan telah lupa dengan Tuhannya dan identitas dirinya, maka mushola atau tempat ibadah merupakan tempat untuk melakukan proses perbaikan diri, tempat membangun kedekatan diri dengan Allah SWT, tempat merasakan kehangatan sentuhan tali ukhuwah diantara sesama muslim, tempat membina anak-anak kita sebagai generasi rabbani, tempat menemukan cahaya motivasi untuk tetap berkarya dan berprestasi dalam menjalani kehidupan, dan tempat untuk mengalirkan bendungan air mata tanda taubat yang tidak pernah berhenti dan di tempat ini kita menemukan keharmonisan Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam
 
DASAR
  • Hasil keputusan musyawarah Warga Muslim Perumahan Kori Nuansa Jimbaran
  • Kesadaran umat Islam untuk mengadakan kegiatan dakwah dari hari ke hari yang semakin meningkat sementara sarana untuk mendukung kegiatan tersebut belum tersedia.
  • Kebutuhan akan tempat ibadah merupakan cita-cita bersama dan wujud nyatanya dirasakan sudah sangat mendesak.
TUJUAN
  • Mengupayakan melalui berbagai jalur yang sah untuk mewujudkan tempat ibadah yang representatif.
  • Menjadikan Mushola sebagai pusat kegiatan dan ibadah umat Islam
  • Mengadakan kegiatan-kegiatan yang menunjang pembinaan masyarakat Islam disamping sebagai wadah pemersatu umat Islam dan mewujudkan Ukhuwah Islamiyah.
  • Mengembangkan Mushola sebagai Islamic Centre (Pusat Kegiatan Islam), Pusat Pendidikan dan Perpustakaan, tempat musyawarah, tempat pertemuan dan silaturrahim, pembinaan ekonomi Islam dan dakwah Islamiyah.

Struktur Organisasi

Pendiri :
  1. H. Achmad Shoim, S.Ag
  2. H. Sanusi
  3. Kusyanto
  4. Majid Wajdi
  5. Novel
  6. Katmani
  7. Junaidi
  8. Asduki
  9. M. Khoiri Suryono
Pembina :
  1. H. Achmad Shoim, S.Ag
  2. H. Sanusi
  3. Majid Wajdi
  4. Novel
  5. Katmani
Pengawas :
  1. Ustadz. Muhammad Lahji, Lc
Pengurus Harian
  • Ketua Umum : H.Kusyanto
  • Ketua I : Mohammad Khairi Suryono
  • Ketua II : Asduki
  • Sekretaris Umum : Eko Muh. Romi Kurniawan
  • Sekretaris : Fitriya Firmansyah
  • Bendahara Umum : Junaidi
  • Bendahara : Arief Santoso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar